Selasa, 02 Mei 2017

Ciri ciri Penyakit Atau Gangguan Tiroid

Ciri ciri Penyakit Atau Gangguan Tiroid .- Tiriod merupakan kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak disekitar leher tepat dibagian bawah jakun.

Fungsi dari kelenjar ini adalah sebagai pengatur sistem metabolisme tubuh sehingga keberadaanya cukup penting. Jika kelenjar ini mengalami gangguan maka fungsi dari kelenjar tersebutpun akan terganggu.

Imbasnya tubuh kita akan mengalami gangguan keseimbangan metabolisme yang tentunya bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Ada 2 jenis gangguan yang sering terjadi pada kelenjar ini yakni berupa hipertiroid dan hipotiroid.

Hipertiroid adalah kondisi dimana tubuh terlalu banyak mengproduksi hormon tiroid, sedangkan hipotirod adalah dimana kondisi tubuh kekurangan hormon tiroid.


Ciri ciri Penyakit Atau Gangguan Tiroid

Ciri ciri Penyakit Atau Gangguan Tiroid 


Berikut ini adalah beberapa gejala atau kondisi medis yang bisa dialami oleh seseorang yang mengalami penyakit tiroid atau gangguan tiroid, yakni :

#1 Berat Badan Naik Dan Turun Secara Drastis

Jika fungsi kelenjar tiroid terganggu maka akan menyebabkan kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis.

Berat badan naik jika kandungan hormon tiroid dalam tubuh rendah, sementara penurunan terjadi jika kandungan hormon tiroid meningkat.

#2 Benjolan Dibagian Leher

Salah satu gangguan tiroid yang paling khas adalah timbulnya benjolan di leher sebagai akibat dari membengkaknya kelenjar tiroid.

Kondisi ini tejadi jika hormon tiroid meningkat ( penyakit hipertiroid ).


#3 Rambut Rontok

Selanjutnya jika kelenjar tiroid tidak berfungsi sebagai mestinya bisa membuat rambut rontok secara tiba-tiba.  Kondisi ini bisa terjadi pada kedua gangguan kelenjar tiroid yakni hipertiroid dan hipotiroid.


#4 Perubahan Mood Atau Suasana Hati

Orang yang mengalami gangguan tiroid juga biasanya akan mengalami perubahan mood disamping mengalami tubuh lemah.

Selain mood, emosi seseorang yang mengalami gangguan tiroid juga bisa berubah. Tidak hanya itu orang yang menderita penyakit tiroid juga bisanya mengalami susah tidur dan merasa gelisah.


#5 Kedinginan Dan Kepanasan

Jika tiroid mengalami gangguan maka suhu tubuhpun bisa ikut berubah itulah sebabnya mengapa sipenderita akan merasa kedinginan atau bahkan kepanasan.

Kedingin akan dialami jika penderita mengalami gangguan hipotiroid, dan sebaliknya orang yang mengalami hipertiorid akan merasa kepanasan.


#6 Berbagai Masalah Pada Tubuh

Penderita penyakit tiroid juga biasanya mengalami banyak masalah pada tubuh seperti angan dan kaki sering kesemutan, kulit menjadi kering, kuku berubah menjadi rapuh, dan tampaknya bagian kulit yang membengkak.

#7 Merasa Lelah Padahal Sudah Istirahat Cukup

Meskipun tidak bekerja berat atau bahkan melakukan istirahat yang cukup orang yang menderita gangguan tiroid tetap akan merasakn tubuh lelah.

Akibatnya orang yang menderita gangguan tiroid akan sering tidur siang.

#8 Siklus Menstruasi Terganggu

Jika gangguan tiroid terjadi pada wanita, maka bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur bahkan pada sebagian kasus menstruasi yang terjdi akan sangat menyakitkan.

#9 Gangguan Pencernaan

Orang yang mengalami gangguan tiorid akan mengalami sembelit ( susah bab ) dan diare yang berkepanjangan.

#10 Nyeri Otot Dan Tulang

Terjadinya ketidak seimbangan hormon tiroid dalam tubuh karena kelenjar tiroid mengalami gangguan bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit pada otot dan tulang.

Sehingga jika saat ini anda mengalami nyeri otot dan tulang padahal tidak melakukan kerja barat maka anda patut mewaspadainya sebagai ciri ciri penyakit tiroid.

Baca Juga : Cara Mengobati Kelenjar Tiroid Secara Alami 

Demikianlah informasi tentang ciri ciri gangguan tiroid ini semoga bermanfata dan menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan salam sehat !


EmoticonEmoticon